Penyebab Asam Urat Paling Sering Dialami

Penyebab asam urat – Asam urat atau yang dikenal juga dengan gout merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar kandungan purin didalam tubuh penderita. Kondisi yang dialami ini nantinya akan dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan dan juga rasa panas yang dialami pada area persendian.

Penyebab Asam Urat

Asam urat yang terjadi pada seseorang sebenarnya dapat terjadi karena begitu banyak faktor. Tak hanya faktor dari dalam kesehatan penderita sendiri akan tetapi faktor eksternal atau faktor dari luar juga dapat menjadi penyebabnya. Dan tentunya siapa saja dapat mengalami asam urat utamanya mereka yang pola hidupnya kurang baik. Mengetahui penyebab asam urat sejak dini menjadi langkah awal yang dapat dilakukan untuk bisa mencegah penyakit ini datang mengintai kesehatan kita. Apa saja penyebab asam urat? Mari kita cek informasinya di bawah ini.

Penyebab Asam Urat

Seperti yang telah kita sebutkan di muka bahwa faktor dari dalam dan faktor dari luar merupakan penyebab dari asam urat ini. Beberapa penyebab asam urat yang juga Anda perlu tahu diantaranya :

Jenis kelamin

Seorang pria memang memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami gejala serangan asam urat kalau dibandingkan dengan wanita. Dan hal ini juga bisa disebabkan karena hormon estrogen pada wanita mampu dalam menurunkan kadar asam urat dan juga bisa melancarkan pembuangan melalui ginjal. Nantinya kadar asam urat didalam tubuh pria akan mengalami peningkatan selama masa puber yang mereka alami.

Faktor usia

Pada sebagian besar gangguan asam urat memang terjadi pada orang – orang yang usianya antara 40 sampai dengan 50 tahun. Dan pada wanita penyakit ini pada umumnya terjadi setelah masa menopause. Walaupun wanita dibawah usia 30 tahun juga sudah banyak yang mengalami masalah penyakit asam urat.

Riwayat keluarga

Penyebab asam urat yang lainnya adalah riwayat keluarga. Seseorang yang mengalami gangguan asam urat memang lebih memungkinkan untuk kemudian mewariskan hal yang sama bagi keturunan dirinya kelak.

Konsumsi obat – obatan

Beberapa jenis obat – obatan memang dipercaya mampu dalam mengembangkan resiko gangguan asam urat. Diantaranya mengonsumsi obat – obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya juga digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, mengonsumsi aspirin dengan dosisi rendah setiap hari, mengonsumsi obat anti penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi dan berbagai konsumsi obat – obatan yang lainnya.

Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak

Dalam mengonsumsi minuman yang didalamnya mengandung alkohol dengan dosis yang sedang memang dapat berpotensi dalam meningkatkan resiko asam urat. Mengonsumsi bir juga berpotensi tinggi untuk membantu meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahkan alkohol kalau dikonsumsi secara rutin berpotensi untuk menyebabkan kanker, serangan jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

Mandi malam hari

Penyebab asam urat yang lain dan memicu terjadinya asam urat adalah mandi malam. Dari zaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar tidak mandi terlalu malam. Mandi terlalu malam ini bukan hanya mitos karena dampaknya bagi kesehatan memang besar dan salah satunya bisa menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam juga akan dapat menyebabkan reumatik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Itulah beberapa penyebab asam urat yang Anda harus tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat. Mari jaga kesehatan dan sayangi tubuh Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *