Pengobatan Asam Urat Secara Medis Dan Tradisional

Pengobatan asam urat – Senyawa asam urat memang ada pada tubuh setiap manusia. Karenanya sebenarnya setiap manusia berpotensi mengalami penyakit asam urat ini. Ketika senyawa asam urat berada diambang normal ini menjadi sebuah kabar baik karena Anda tidak beresiko dengan penyakit asam urat. Dan ketika asam urat dibawah normal tak perlu dilakukan peningkatan kadar asam urat karena nantinya Anda akan aman.

Pengobatan Asam Urat

Akan tetapi kalau asam urat berada diatas normal, ini yang harus dilakukan upaya pengobatan karena berbagai gejala akan Anda alami dan tentunya akan berdampak kurang baik pada kesehatan Anda serta mengganggu segala rutinitas Anda. Pengobatan asam urat sendiri dapat Anda lakukan dengan dua cara. Anda bisa coba lakukan cara pengobatan asam urat secara medis dan juga cara pengobatan asam urat secara tradisional. Berikut informasinya untuk Anda.

Pengobatan Asam Urat Secara Medis Dan Tradisional

Secara medis, ada beberapa langkah pengobatan asam urat yang dapat Anda terapkan. Beberapa pengobatan asam urat secara medis yang dapat Anda terapkan diantaranya :

Allopurinol

Tablet ini diminum sehari sekali dan dapat membantu tubuh Anda dalam mengubah purin menjadi asam urat. Mengenai dosis dari allopurinol ini harus disesuaikan untuk bisa memastikan tercapainya penurunan kadar asam urat sesuai target yaitu dibawah 360 umol/L atau 6 mg/dl. Dosis obat ini biasanya akan mengalami peningkatan dalam 3 sampai dengan 4 minggu. Tentu juga tergantung atas hasil pemeriksaan darah. Kristal – kristal asam urat sendiri umumnya juga akan hilang secara total dalam waktu 1 – 2 tahun masa pengobatan. Hal ini juga sebenarnya disebabkan oleh menyusutnya kristal yang ada di tulang rawan sendi akibat kadar asam urat yang berkurang drastis sampai di bawah titik jenuhnya. Kristal ini kemudian menyusut menjadi lebih mudah agar bisa meloloskan diri dari tulang tawan menuju ke dalam rongga sendi dan pada akhirnya membuat lapisan sendi atau sinovium mengalami radang. Efek samping yang mungkin saja timbul dari allopurinol adalah sakit kepala, gangguan cerna, diare dan juga ruam kulit.

Probenecid

Obat ini merupakan sebuah obat yang mampu dalam menurunkan kadar asam urat dengan cara meningkatkan kemampuan ginjal untuk membuangnya. Efek samping yang mungkin saja ada setelah menggunakan probenecid diantaranya seperti sakit perut, ruam kulit dan juga resiko penyakit batu ginjal.

Sementara langkah pengobatan asam urat secara tradisional yang juga dapat Anda coba lakukan diantaranya dengan menggunakan cara tradisional seperti :

Konsumsi makanan yang bersifat basa

Didalam sebuah buku yang berjudul Alkaline or Die. Asam urat didalam tubuh juga pada dasarnya diproses melalui ginjal dan makanan yang bersifat basa ini akan membantu dalam rangka melarutkan asam urat tersebut dan kemudian dapat mengeluarkan dalam bentuk urine.

Konsumsi jus buah cherry

Didalam buah cherry memang memiliki kandungan senyawa asam yang cukup pekat. Didalam kandungan asam ini juga akan mampu mengimbangi kadar asam urat yang terdapat didalam darah dan juga urine. Kemudian didalam buah cherry juga mengandung kalium serta nutrisi yang bisa membantu untuk meringankan rasa sakit pada area persendian.

Menurut data yang diterbitkan oleh Harvard University, buah cherry ini memiliki kandungan antioksidan dan juga kadar anti inflamasi yang tinggi. Dimana nantinya kandungan antioksidan membantu untuk mencegah radikal bebas berbahaya sementara anti inflamasi mencegah munculnya radang.

Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang pengobatan asam urat. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan lakukan langkah pengobatan yang paling tepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *