Pantangan Asam Urat yang Wajib Diketahui Penderita

Pantangan asam urat – Anda salah satu penderita asam urat? Gout atau asam urat memang penyakit yang akan dapat membuat aktivitas Anda menjadi kurang nyaman karena nyeri dan berbagai jenis gejala lainnya akan Anda rasakan ketika penyakit ini menerpa Anda. Penyakit yang terjadi akibat kandungan purin didalam tubuh terlalu tinggi ini disebabkan karena berbagai macam faktor baik faktor internal atau faktor eksternal.

Pantangan Asam Urat

Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, agar nyeri asam urat tidak sering Anda rasakan tentu saja sangat penting bagi Anda untuk hidup sehat dan mencari tahu apa saja yang menjadi pantangan asam urat. Tentang apa saja yang menjadi pantangan asam urat dan perlu dihindari oleh para penderita asam urat bisa langsung Anda simak dan cek beberapa informasi lengkapnya berikut ini!

Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari

Ya, kadar purin yang tinggi dan semakin tinggi didalam tubuh kita bisa diakibatkan karena berbagai makanan yang kita konsumsi dan berbagai aktivitas penyebab asam urat lainnya. Beberapa pantangan asam urat yang Anda perlu tahu diantaranya :

Kerang

Kerang memang menjadi salah satu pantangan asam urat. Selain kerang, ada baiknya untuk penderita asam urat mengurangi makanan laut dan juga daging. Lona Sandon yang merupakan seorang asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas juga mengungkapkan bahwa makanan hewani juga mengandung purin yang jika dikonsumsi akan berubah menjadi asam urat didalam tubuh penderitanya. Jika memang Anda masih ingin mengonsumsi makanan laut lebih baik Anda batasi cukup dengan mengonsumsi sekitar 4 sampai dengan 6 ons saja setiap harinya.

Ikan teri, tuna dan ikan asin

Beberapa makanan yang juga menjadi pantangan asam urat diantaranya seperti ikan teri, tuna dan juga ikan asin. Scott Zashin yang merupakan seorang rheumatologist dan juga profesor klinis kedokteran di UT southwestern mengungkapkan bahwa masih ada beberapa makanan laut yang juga relatif aman dikonsumsi para penderita asam urat seperti lobster, udang belut dan juga kepiting.

Daging merah

Semua daging sebenarnya didalamnya mengandung purin yang berbeda – beda. Daging putih sebenarnya lebih baik dikonsumsi oleh penderita asam urat dibandingkan dengan daging merah seperti daging kuda, daging kambing, daging sapi dan sejenisnya.

Ragi dan semua makanan yang mengandung ragi

Ragi juga banyak digunakan untuk pembuatan makanan seperti kue dan juga roti. Mungkin sebagian orang juga belum tahu bahwa ragi ternyata mengandung asam urat yang cukup tinggi. Didalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa pengurangan dalam penggunaan ragi pada makanan yang dikonsumsi penderita terbukti dapat membantu dalam mengurangi serangan yang berlebihan serta juga dapat membantu dalam menurunkan kadar asam urat didalam darah.

Soft drink

Pemanis yang ada pada soft drink memang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak. Karena itu menghindari aneka ragam minuman manis dan juga yang didalamnya tinggi kandungan fruktosa adalah yang perlu dilakukan. Didalam sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa pria yang banyak mengonsumsi minuman bersoda sangat rentan terkena penyakit asam urat ini.

Selanjutnya, pantangan asam urat yang lain adalah jeroan. Ada baiknya Anda hindari semua pantangan asam urat diatas agar kadar asam urat didalam tubuh Anda secepatnya kembali normal. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *