Kadar Asam Urat Normal Dan Bahaya Asam Urat yang Harus Diketahui

Kadar asam urat normal dan bahaya asam urat – Tampaknya selama ini banyak orang mengira bahwa asam urat adalah sebuah penyakit. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Asam urat sendiri merupakan sebuah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh dimana tubuh butuh kandungan asam urat ini dalam jumlah tertentu.

Ketika jumlah asam urat tersebut diatas jumlah yang dibutuhkan, barulah asam urat menjelma menjadi sebuah penyakit gout yang akan membuat penderita merasa sensasi nyeri tak tertahankan, bengkak dan gejala lainnya. Kondisi ini memang menyerang area persendian, tulang dan hingga membuat potensi bengkak pada bagian – bagian tubuh tertentu pada penderita. Kadar asam urat yang diatas normal sebenarnya dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Mengontrol kadar asam urat didalam tubuh supaya dalam ambang batas normal adalah hal yang perlu dilakukan. Akan tetapi sebelum itu mengetahui berapa kadar asam urat normal dan bahaya asam urat juga wajib Anda tahu. Mari kita cek informasinya berikut ini!

Kadar Asam Urat Normal Dan Bahaya Asam Urat

Kadar Asam Urat Normal Dan Bahaya Asam Urat

Agar bisa tahu berapa kadar asam urat didalam tubuh, memang perlu dilakukan beberapa langkah pemeriksaan tes asam urat didalam darah. Pemeriksaan ini dilakukan untuk bisa tahu kemungkinan adanya gout didalam tubuh. Nantinya hasil tes akan keluar setelah satu sampai dengan dua hari setelah pemeriksaan dilakukan. Satu hal yang Anda perlu tahu bahwa bisa juga terdapat perbedaan acuan antara laboratorium satu dengan yang lainnya. Akan tetapi jangan khawatir karena biasanya laboratorium juga akan mencantumkan acuan yang dipakai.

Kadar asam urat normal yang perlu Anda tahu diantaranya meliputi :

  • Kadar asam urat normal pada perempuan sekitar 2,4 – 6,0 mg per desiliter.
  • Kadar asam urat normal pada laki – laki berada pada rentang 3,4 – 7,0 mg/ dl.
  • Kadar asam urat normal pada anak – anak berkisar pada kisaran angka 2.0 – 5,5 mg/ dl.

Jika kadar asam urat didalam tubuh Anda tinggi tetapi tidak ada keluhan gout, Anda mungkin tidak perlu pengobatan. Dan sebaliknya jika kadar asam urat normal tetapi Anda mengalami gejala gout berarti asam urat sudah bisa mengkristal dan perlu juga pengobatan yang tepat.

Jika seseorang mengalami kondisi asam urat apalagi jika penyakit asam urat berlangsung secara terus menerus, tentunya hal ini akan dapat mengakibatkan bahaya bagi penderita. Bahaya asam urat yang Anda harus tahu diantaranya :

Asidosis metabolik

Asidosis metabolik merupakan suatu kondisi dimana ginjal mengalami kesulitan untuk melakukan proses pembuangan kandungan asam urat didalam tubuh. Kadar asam urat normal dan bahaya asam urat karena asidosis metabolik akan mengkristal dan juga menempel pada area persendian tubuh. Kondisi asidosis metabolik ini juga akan meningkatkan masalah frekuensi dari pengambilan nafas yang nantinya juga akan membuat kondisi Anda mengalami :

  • Nafas Anda menjadi tersengal – sengal.
  • Merasa pusing.
  • Lemas.
  • Hilangnya kesadaran yang akan berujung pada kematian penderitanya.

Asidosis metabolik ini juga dapat terjadi ketika tubuh memiliki asupan purin yang terlalu tinggi dan kemudian akan berdampak pada peningkatan kandungan asam urat yang lebih dari 7 mg/ dl.

Batu ginjal

Bahaya lain dari asam urat yang tinggi adalah batu ginjal. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan kondisi asam urat yang kemudian mengkristal dan pada akhirnya akan menjadi batu ginjal. Kemudian juga akan menyumbat bagian saluran urin seseorang. Nantinya hal ini juga akan berakibat Anda akan merasa nyeri ketika akan membuang air kecil.

Gagal ginjal

Asam urat yang tinggi nantinya juga akan membentuk kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Kemudian selain ketidakmampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh yaitu salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal yang tentunya juga akan berbahaya bagi Anda yang menderita asam urat.

Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang kadar asam urat normal dan bahaya asam urat. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *