Gejala Penyakit Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Gejala penyakit asam urat – Kalau dulu penderita asam urat rata – rata dari orang yang sudah berusia diatas 30 tahun, maka kini penyakit asam urat sudah menyerang penderita tidak hanya yang usianya diatas 30 tahun. Akan tetapi mereka yang masih remaja juga banyak yang sudah terserang dengan penyakit asam urat ini.

Gejala Penyakit Asam Urat

Mengapa ini terjadi? Salah satu faktor yang menyebabkan semakin banyak penderita penyakit asam urat bahkan datang dari berbagai klasifikasi usia adalah pola hidup yang tidak sehat dan aneka makanan yang dikonsumsinya. Karena itu, agar hal semacam ini tidak terjadi pada diri Anda sebaiknya Anda selalu cek kesehatan Anda dan kadar asam urat didalam tubuh Anda. Selain itu memahami apa saja yang menjadi gejala penyakit asam urat sejak dini juga menjadi suatu hal yang sangat penting Anda lakukan. Mari kita cek informasi selengkapnya berikut ini.

Gejala Penyakit Asam Urat

Memahami gejala sejak dini memang menjadi suatu hal yang sangat penting karena dengan memahami gejalanya sejak dini nantinya Anda akan dapat mengetahui apakah diri Anda berpotensi dengan penyakit asam urat atau tidak. Beberapa gejala penyakit asam urat yang Anda harus tahu dan waspadai diantaranya :

Ngilu sendi

Orang yang menderita penyakit asam urat tinggi biasanya akan merasa ngilu pada area persendian. Hal ini juga karena pada area persendian zat purin mengalami penumpukan. Dan nantinya zat purin ini yang menjadi salah satu penyebab gejala penyakit asam urat terjadi.

Kesemutan

Penyakit asam urat yang tinggi juga dapat menjadi penyebab penderita mengalami kesemutan utamanya pada jaringan area sendi tangan dan sendi kaki. Kesemutan tidak hilang dalam waktu berhari – hari. Jika kesemutan ada di jari tangan, kesemutan itu menyebabkan seseorang tidak mampu memegang barang dengan tangannya.

Bengkak

Salah satu tanda gejala asam urat tinggi adalah terjadinya pembengkakan pada area sendi kaki atau juga pada sendi tangan. Anda juga bisa melihat sendi di kaki Anda, jika sendi kaki terutama sendi di jempol kaki bengkak itu tandanya kadar asam urat tinggi.

Kaki dan tangan terasa panas

Tanda gejala penyakit asam urat yang lain adalah kaki dan tangan terasa panas. Panas yang dirasakan ini tidak selamanya muncul. Panas ini menghilang dan muncul berkali – kali dalam sehari.

Badan terasa pegal – pegal

Asam urat yang tinggi ditandai dengan badan yang terasa pegal – pegal walaupun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Pegal – pegal yang dirasakan ini bisa membuat penderita asam urat merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri.

Adanya ruam merah di kulit

Gejala penyakit asam urat yang lain adalah ruam merah yang terjadi di kulit. Ruam merah ini juga bisa muncul pada berbagai bagian tubuh misalkan pada bagian lutut, punggung, pundak dan juga bahu.

Frekuensi buang air kecil meningkat di malam hari

Ketika malam hari datang, penderita asam urat akan sering buang air kecil. Dan ketika malam hari penderita asam urat akan buang air kecil bahkan lebih dari 5 kali. Hal ini juga sebenarnya karena zat purin yang mengalami pengkristalan dan menyebabkan gangguan pada saluran kemih penderita penyakit asam urat.

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang gejala penyakit asam urat. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *